Rabu, 22 Agustus 2007

Happy Birthday Indonesiaku


17 Agustussss....Merdeka!!! Merdekaa!!!
(uhuk..uhuk.., ini nih yang kebanyakan berteriak merdeka tanpa realisasinya. Ujung-ujungnya yang didapet cuman radang tenggorokan doank.)

Wah, engga terasa ya..uda ke 62 kalinya kita merayakan hari ulang tahun kemerdekaan negeri kita tercinta ini. Dimana-mana pada tanggal 17 sore orang-orang (khususnya kaum laki-laki) pada berlumur lumpur ato oli dsb hasil dari manjat pinang, pukul batal, tangkep bebek n seabgrek perlombaan lucu lainnya yang digelar dikota ini. Semua orang merayakan HUT RI dengan penuh semangat dan kegembiraan, namun makna kemerdekaan bangsa yang sebenarnya semakin lama semakin kabur..dan saya khawatir lama-kelamaan perayaan ini hanya akan menjadi simbolis dan hari berbagi kesenangan, tanpa adanya upaya untuk mempertahankan kemerdekaan tersebut.

Ngomong-ngomong tentang hari ulang tahun, pasti ada donk yang namanya "kado". Kalo seseorang yang kita sayangi berulang tahun, maka kita akan berusaha sekuat tenaga untuk memberikan kado terindah untuknya. Jangan bilang sayang kalo di hari istimewanya, kita tidak mempersembahkan sebuah tanda cinta. Minimal..sun pipi kanan kiri lah, hehehe..

Nah, buat Ibu pertiwi, selamat ulang tahun yang ke enam puluh dua ya. Usiamu semakin tua, namun maaf..kami anak-anakmu belum bisa memberikan hidup masa tua yang indah. Kami belum mampu. Namun..karena kami sayang Ibu, dihari ulang tahun ini..kami ingin memberikan suatu hadiah yang istimewa. Hadiahnya adalah Idah.

Idah, seorang anak korban kekerasan rumah tangga yang terkurung dan tersiksa selama 4 tahun lamanya. Sementara orang-orang diluar sana merayakan hari kemenangan bangsa, ia masi berkutat..berjuang sia-sia sendiri untuk memperoleh kemerdekaannya. Hingga raganya semakin tidak berdaya, kurus..kecil dan lemah.
Maaf Ibunda, inilah hadiah ulang tahun dari anak-anakmu di Kalimantan Barat.
Kami mencintaimu..namun untuk ke 62 kalinya, hanya hadiah kekecewaan yang dapat kami berikan. Doakan saja ditahun-tahun mendatang..kami dapat memberikan hadiah ulang tahun yang lebih berkesan. Pelaku korupsi yang sudah terpenjara, kemiskinan yang sudah diberantas, kedamaian diseluruh pelosok tanah kita..itu juga cita-cita kami.

Kebingungan menyelimuti hati kecil saya.
Apakah benar kita sudah merdeka??




NB : Idah adalah seorang anak korban KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga) yang kasusnya kini sedang banyak menarik perhatian masyarakat Kalimantan Barat. Lantaran ia anak angkat yang berada dalam satu kelurga bertaraf ekenomi rendah, selama 4 tahun ia mengalami penyiksaan sebelum akhirnya dapat diselamatkan.

Tidak ada komentar: