Selasa, 07 Agustus 2007

Tetanggaku, Moi Suk Kung

Saya punya seorang tetangga. Umurnya sudah tua. Kami sering memanggilnya Moi Suk Kung. Suk kung artinya engkong. Dia tinggal dirumah sebelah, sendiri..tanpa ditemani anak maupun istri. Nah, si Suk Kung ini kerjanya adalah sebagai seorang dukun chinese. Itu lho, yang biasa bisa memanggil roh yang menurut mereka adalah dewa, trus bisa ngasi nomer buntut yang tokcer punya. Tau kan? hehehe..

Nah..usut punya usut, ternyata dulunya si Suk Kung ini adalah "mantan" pendeta. Pendeta boo.. Saya heran, kok loncatan nya ampe sejauh itu ya? Menurut adik saya, ini bukan loncatan lagi namaya, tapi uda terjun bebas. Hehehe.. rupanya inilah yang menjawab keheranan saya, kok beliau bisa punya anak yang namanya Lukas n Petrus. Mantan Pendeta toh..

Sewaktu saya makan siang dengan adek saya yang tadi, kami membicarakan tentang membawa jiwa baru dan si Suk Kung tetangga sebelah rumah. Sungguh amat disayangkan "terjun bebas"-nya itu. Kalau Daud Tony dari tukang santet jadi pendeta, maka Suk Kung ini kebalikannya. Kalau suatu hari Tuhan datang..kira-kira...

Nie : Hai Pap, kok tumben datang?

God : Cuman mau nengokin kalian kok..
Lho..itu siapa ya? (Pura-pura bego sambil nunjuk Suk Kung yang lagi melayani pasiennya)

Nie : Ooo...itu Pap, dukun sebelah. No buntutnya tokcer lho. banyak yang kena, hehehe..

God : Weleh..kok kayaknya mukanya rada familiar yah...Hm..coba saya ingat-ingat.
Oh iya..dulu kan dia kepala prajurit daerah Borneo Saya. Lho..piye toh iki??

Nie : Tau deh Pap..tiap ari kerjaannya loncat-loncat mulu
(Si Suk Kung klo lagi kerasukan emang loncat2)

God : Hm..

Nie : Pap..kok dia gak diselamatkan sih? Kan kasian klo ntar masuk neraka..

God : Ya ela..ni anak. Masa Saya musti langsung turun tangan sih..sibuk gitu loch

Nie : Lha..terus?

God : Kan uda ada kalian
Buset dah nih anak..maksud Saya, kalian donk yang tolongin. Ingatin kek ke dia
tentang berita keselamatan. Ya pandai-pandai elo lah..

Nie : Takut ah Pap.. Ntar aku disantet..

God : Dasar iman elo..segede paramecium doank kali yee.. Ciapeee dee..

Hahaha..kira-kira, kalau Tuhan dateng n ngunjungin saya, pasti deh kira2 begitu obrolannya. Iman tanpa perbuatan adalah sia-sia. Bawa jiwa baru (atau lebih tepatnya membujuk jiwa lama untuk kembali), merupakan salah satu perwujudan iman dan bekerja buat Tuhan. Tapi..masalahnya, iman saya masih sekecil paramecium untuk menghadapi orang seperti beliau.
Tapi syukur de..klo bisa segede biji sesawi, tar tugu khatulistiwa pindah lagi ke negeri tetangga. (Abisnya kata firman Tuhan, iman segede biji sesawi bisa mindahin gunung kan??)

1 komentar:

Boston mengatakan...

komen apa yach??jam 11 malam.
Jam begini kalo baca dukun2..gw koq merinding yach??? WUAHHHHHHH.....!Takuuuut.....
sekian terimahkasih./lho?! wkwkwkwkwk

tny.