Rabu, 22 Agustus 2007

Senyuman

Sebuah pribahasa Jepang mengatakan "Satu senyuman dapat menghangatkan tiga musim dingin". Saking lamanya waktu berlalu..sampai saya lupa, darimana saya membaca pribahasa tersebut. Sedemikian hebatnya efek suatu senyuman (yang tulus tentunya), sehingga orang-orang Jepang mengatakan bahwa satu senyuman dapat menghangatkan, bukan hanya satu atau dua, melainkan tiga musim dingin. Sungguh luar biasa.

Saya mempunyai seorang dosen (kalimat seperti ini pas atau engga ya? sebab yang pasti, beliau kepunyaan kedua orang tuanya, hahaha..) yang memegang motto, "Keep smiling". Dan memang, entah karena demikian menganut motto-nya atau memang ketika dalam penciptaan, Tuhan menorehkan suatu garis setengah lingkaran diwajahnya..sehingga ia selalu kelihatan seperti tersenyum. Ini fakta, karena banyak teman-teman saya yang juga berpendapat demikian. Lucu juga ya..Mungkin kalau suatu hari Jepang mengalami bencana kedinginan panjang dan memerlukan bantuan internasional, Indonesia bisa mengirim beliau kesana. Itung-itung lumayan buat mempererat hubungan politik luar negeri. hehehe...

Dan tentang mottonya, rupanya itu didapatkan dari sebuah film kungfu kesayangannya. Ceritanya adalah tentang seorang pedagang yang tokonya selalu saja sepi. Hari hari berlalu..orang-orang hanya lewat saja didepan tokonya, seakan toko itu hanyalah tempat kosong..atau mungkin tertutup oleh dinding tebal, sehingga tidak ada seorangpun yang dapat melihatnya. Hingga pada suatu hari, tokonya kedangan seorang biksu aneh yang meminta arak. Si empunya toko memberikan arak pesanan si biksu sambil meminta sedikit nasehat, bagaimana supaya tokonya bisa ramai dikunjungi pembeli. Diam sejenak..biksu tersebut bukannya memberikan suatu wejangan nan panjang atau sensasional melainkan hanya menyarankan kepada si pemilik toko untuk lebih banyak tersenyum.
Dan akhirnya memang demikian yang terjadi. Toko si pedagang menjadi ramai. Rupanya senyuman tidak hanya bisa menghangatkan tiga musim dingin, namun juga bisa meruntuhkan tembok keangkuhan sehingga kita bisa memperoleh berkat yang berlimpah.

Tersenyumlah, maka anda akan memperoleh kedamaian di hati anda. Manfaat lain dari senyuman adalah dapat mencairkan suasana yang kaku, meredakan emosi, awal dari sebuah hubungan yang baik, dan bahkan senyuman dapat digunakan untuk mencari pacar (dengan tambahan "tips-tips mencari pacar"..tentunya). Asal dengan satu syarat, lakukanlah dengan tulus. Senyuman yang tulus atau tidak, dapat terlihat dari mata. Tidak percaya? Sering-seringlah perhatikan lawan bicara anda.

Awali hari ini dengan senyuman..dan bagilah senyuman itu dengan orang lain. Dan temukan sesuatu yang luar biasa mengisi harimu.
Keep smiling ^_^








1 komentar:

Anonim mengatakan...

g juga suka senyum, makanya ibu2 pada suka, he2..