Selasa, 30 Oktober 2007

Marah


Hari Sabtu yang lalu saya marah ama si Eddy (tapi sekarang udah engga lagi sih). Sebabnya? Ia melakukan sesuatu yang saya anggap menyebalkan. Karena itupula saya jadi marah. Engga ada lagi malem mingguan, yang ada marah-marahan. Hahahaha..hari ini saya flash back, memutar kembali memory itu di otak saya dan semuanya jadi terasa lucu.

Marah..suatu aspek emosional pada manusia yang merupakan respon atas hal-hal yang tidak diinginkan atau disukainya. Katanya sih dapat mempengaruhi kondisi fisiologis, juga meningkatkan hormon adrenalin. N kalo uda engga ketulungan, marah meningkat menjadi ngamuk. Lebih klop lagi kalo ada lawan yang tepat, emosi biasanya dikeluarkan dalam bentuk hantam-hantaman. Set dah..bisa jadi tontonan menarik warga sekampung. Wekekekeke..

Sebagai anak Tuhan (ciee..ile, sok) kita di tuntut untuk "membangun" kalo marah. Bukannya engga boleh marah. Aje gile disuru kaga bole marah...bisa-bisa manusia pada sembelit semua (emang ada hubungannya?). Bener toh? Coba ubek-ubek seluruh isi Alkitab, emang ada Tuhan berfirman "Hai anakKu..jangan suka marah-marah yee". Carilah..dari jaman Nippon ke jaman Jepang, kalimat itu gak bakalan ditemukan. Kok bisa? Ya iyalah..kalimat itu kan firmannya Nie, bukan firman Tuhan (pasti dalem ati Tuhan bilang "dasar gak sopan ni anak.."). Noh..Tuhan aja bisa marah..

Ok, getting serious now..
Dibalik becandaan tadi, emang iya kok kita boleh marah. Sebagai gantinya "jangan marah", Bapa mengatakan "Janganlah terbenam matahari sebelom hilang amarahmu..". Artinya... boleh marah, asal marahnya jangan dibawa tidur. Nape? Iya..soale tar bangun-bangun, muka lo jadi imut, alias : Iii...muke tue. Hahahahaha...

Yang bikin dosa adalah..ketika marah, apa yang kita ucapkan menyakiti dan menusuk orang lain. Lagi trend banget kan sekarang, marah sambil mengucapkan "mantra-mantra" tertentu dan memboyong keluar seluruh isi kebun binatang sampe penghuni hutan Amazon. Nah..itu yang engga Tuhan inginkan terjadi pada kita. Marahlah yang membangun, bukan menjatuhkan. Ketika kita marah, jangan biarkan emosi yang mengontol kita, tapi kontrollah emosi kita sendiri. Sulit emang, dan saran saya..sebelom memulai marah...tarik napas yang panjaaaang, baru deh dikeluarkan pelan-pelan, biar engga terlalu mengejutkan. Hehehehe..

So, mari lah..kemari..hei, hei, hei (kok jadi nyanyi sih?)
Mari belajar untuk marah lebih baik.
Kemarin saya sudah melakukannya. Dan sukarelawan pertama yang tertimpa sial itu adalah........................ Eddy.
Wakakakakaka..



Tidak ada komentar: